in

5 Makanan Ajaib yang Hanya Ada di Indonesia

Sebagai negara yang memiliki beragam budaya, Indonesia juga mempunyai aneka produk kuliner. Di Tanah Air, terdapat bermacam-macam makanan khas dengan cita rasa yang enak dan mengejutkan.

Pada makanan jenis bakso misalnya, beberapa penjaja bakso berkreasi menyajikan bakso mercon yang diyakini hanya bisa ditemui di Tanah Air saja. Selain bakso, masih ada makanan lain yang terbilang ajaib yang cuma ada di Indonesia.

Dilansir dari Okezone.com, berikut 5 makanan ajaib yang hanya ada di Indonesia.

1. Bakso mercon
Pada awalnya, bakso hanya ada bakso urat dan baksi isi telur saja. Tapi kini, penjual bakso kian kreatif dengan membuat bakso isi sambal super pedas. Selera pasar yang menginginkan pengalaman baru dalam kuliner, membuat penjaja bakso menawarkan sensasi yang berbeda.

2. Ampo tanah liat yang dimakan
Ini memang agak sedikit tidak wajar sehingga terbilang ajaib. Tanah liat yang disebut ampo ini ternyata makanan khas dari daerah Cirebon.

Ampo sebenarnya sudah jarang ditemui karena proses pembuatannya tidak bisa menggunakan sembarang tanah liat. Hanya tanah liat yang ada di dalam bagian sawah saja yang dapat diolah untuk membuat ampo.

3. Tempe
Meski murah sehingga tidak terkesan mewah, tahukah Anda bahwa tempe sudah mendunia? Tempe bisa disebut makanan ajaib karena proses pembuatannya cukup panjang yaitu lewat fermentasi kacang kedelai.

Baca juga:  Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan 5 Bahan Alami Ini

Walaupun harganya murah, tempe memiliki kandungan gizi terutama protein yang luar biasa bagi tubuh.

4. Bakso beranak
Tampilan luarnya memang mirip bakso pada umumnya. Tetapi setelah dibelah, Anda akan menemukan bakso-bakso kecil di dalamnya. Itu sebabnya dinamakan bakso beranak. Karena saat dibelah bakso-bakso kecil akan muncul ke luar, seperti bayi yang baru lahir dari rahim ibunya.

5. Sate ulat sagu
Bentuknya memang agak menjijikan tapi makan ini memiliki protein yang sangat tinggi. Untuk itu, berhati-hatilah Anda yang punya laergi terhadap protein tinggi. Ulat sagu termasuk dalam makanan ajaib karena bisa hidup di dalam batang pohon sagu yang sudah membusuk.*

Written by Andini Anissa

MNC Update Writer

Koran Sindo: Inovasi Pacu Dinamika Daerah

MNC Leasing dan MNC Insurance Tegaskan Semangat Pacu Kinerja