in ,

Aman Berkendara di Jalan Bebas Hambatan, Enggak Susah Kok!

Foto : MNC Media

Jakarta – Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan sehingga semua mobil yang melaju di sana bisa melaju dengan kecepatan tinggi di atas rata-rata jalan biasa. Apalagi hari ini, tol Trans Jawa telah rampung. Dimana jarak yang cukup jauh membuat setiap pengendara harus konsentrasi dan mengerti bagaimana soal Safety Riding.

Dilansir dari iNews.id, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, keselamatan berkendara tidak hanya dilihat dari safety driving, tapi juga defensive driving. Ini penting agar terhindar dari kecelakaan yang disebabkan pengendara lain.

“Meski sudah berada di lajur yang benar dan sesuai dengan panduan safety driving, pengendara harus tetap waspada dengan pengendara lain, terutama kendaraan berukuran besar,” ujar Sony.

Dia menerangkan, kebanyakan pengendara sudah mengerti cara berkendara yang baik dan aman. Namun, hanya sedikit yang mengetahui tentang defensive driving.

“Kebanyakan orang paham safety driving, cara mengemudi aman. Tetapi tidak mengantisipasi kecelakaan yang disebabkan pengemudi lain karena jarang disosialisasikan kepada pengendara,” katanya.

Menurut Sony, 75 persen pengendara mobil saat melaju di jalan bebas hambatan, memilih menggunakan lajur kanan karena tekstur dan kondisi jalan dinilai lebih baik. Sementara lajur sebelah kiri, kebanyakan rusak.

“Banyak mobil berkendara di sebelah kanan. Padahal, lajur itu hanya untuk mendahului. Ini juga berbahaya,” ujar Sony.

Baca juga:  Simak Penjelasan Ust. Dhanu Soal Puasa Syawal

Dia menyarankan agar memperhatikan defensive driving, seperti menjaga jarak kendaraan, menjaga kecepatan, waspada dengan kendaraan di sekeliling dan teliti saat melihat objek yang berpotensi bahaya.

“Semua hal dapat terjadi di jalan. Untuk itu, tetap waspada dengan kondisi lingkungan sekitar,” katanya.

Written by Zainal Alatas

Galon, Pertunjukan Akustik, dan Martabak untuk HUT ke-30 Putri

raden kian sanatng

Raden Kian Santang Kembali! Seperti Apa Kisahnya