in ,

Cegah Skimming, MNC Bank Imbau Nasabahnya Jaga Keamanan PIN

JAKARTA – Direktur Operasi dan Teknologi PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) Widiatama Bunarto mengimbau para nasabahnya untuk selalu menjaga keamanan PIN. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari tindakan fraud penggandaan data atau skimming yang terjadi di Automatic Teller Machine (ATM).

“Skimming itu dari pihak user (nasabah) jadi harus memastikan kartu ATM dan menjaga kerahasiaan PIN yang dia pegang. Jadi jangan diberitahukan kepada siapapun termasuk kepada pihak bank,” ujarnya.

Widiatama menambahkan, nasabah juga tidak boleh asal memberikan angka PIN ke orang lain seperti jika ada yang menanyakan informasi tersebut via SMS ataupun telepon.

“Jangan tertipu dengan iming-iming ancaman dan ajakan share PIN. Kita tidak boleh share PIN ke orang lain,” katanya.

Widiatama melanjutkan, sebelum melakukan transaksi, sebaiknya nasabah melakukan pengecekan dahulu di mesin ATM.

“Di cek terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi di ATM apakah itu ada yang janggal seperti tempelan-tempelan yang lain dari biasanya. Kalau ada kecurigaan, jangan dimasukan,” katanya.

Selain itu, Widiatama menyatakan, MNC Bank juga rutin melakukan pengecekan mesin ATM untuk mengantisipasi praktik skimming. “Dari sisi keamanan, kami secara reguler periksa (ATM). Sejauh ini tidak ada yang terkena (skimming),” ujarnya.

MNC Bank, kata dia, juga akan mengikuti arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membuat kartu ATM dengan menggunakan chip. “Mulai Maret akan terbitkan yang memakai chip. Proses transisi dilakukan secara bertahap,” pungkasnya.

Baca juga:  MNC Asset Management Sabet Tiga Penghargaan

 

 

Written by Andini Anissa

MNC Update Writer

Dukung Asset Play Day, MNC Finance – MNC Insurance Inspirasi Anak Muda Agar Produktif

Pasar Saham Tertekan, MNC Asset Management Sarankan Investasi di Harga Murah