in ,

Incar Dana USD200 Juta, MNC Investama Divestasi Bisnis Batu Bara

JAKARTA – PT MNC Investama Tbk bakal melakukan divestasi atas 9 Izin Usaha Pertambangan (IUP) batu bara miliknya pada tahun ini. Dari divestasi itu, emiten berkode BHIT mengincar dana sekitar USD100 juta-USD200 juta.

Direktur Utama MNC Investama Darma Putra mengatakan, meningkatnya harga batubara saat ini membuat prospeknya bagus untuk dijual kembali. Pasalnya, perusahaan batubara tersebut selama ini merupakan aset perusahaan yang bersifat investasi.

“Sekarang ini harga batu bara sedang naik dan lagi bagus, makanya kami akan divestasi di sembilan perusahaan batu bara. Karena, perusahaan batu bara itu kan sifatnya investasi short-term kami,” ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT MNC Investama Tbk di iNews Tower, Jakarta, Rabu (27/6/2018).

MNC Investama akan menjual sembilan IUP batubara yang dimilikinya karena sektor tersebut hanya sebagai bisnis penunjang. Selama ini, kontribusi pendapatan terbesar perseroan berasal dari bisnis media, kemudian bisnis jasa dan keuangan.

Dengan demikian, jika IUP batu bara tersebut dijual maka akan memberikan kontribusi yang lebih besar ketimbang hanya dijadikan investasi. Dana yang didapatkan dari penjualan IUP ini dapat menjadi dana bagi perseroan di tahun ini dan mendatang.

“Kalau financial investment bukan merupakan core business kami. Sehingga, dengan divestasi itu akan meningkatkan profit MNC Investama,” kata Darma.

Dia juga optimistis, di tahun 2018 perseroan mampu mencetak pertumbuhan bisnis medianya hingga 8-10 persen. Kemudian untuk bisnis jasa keuangan tumbuh sekitar 10-15 persen dan bisnis properti naik 10-20 persen. “Kami harapkan pertumbuhan di financial investment bisa bertumbuh tinggi,” tuturnya.

Written by Andini Anissa

MNC Update Writer

MNCN Bagikan Dividen Rp217,5 Miliar

Gelar Halalbihalal, MNC Group Usung Semangat “Satukan Visi, Bersama Membangun Organisasi dan Bangsa”