in

FAKTA! Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari Ternyata Bisa Cegah Dimensia

Ilustrasi (Foto: Dailymail). Sumber: Okezone.com

Demensia merupakan gejala yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, dan memahami bahasa, serta menurunnya kecerdasan mental. Biasanya sindrom ini menyerang orang lanjut usia diatas 65 tahun.

Namun, hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sama setiap hari. Peneliti mengungkapkan fakta bahwa masalah demensia bisa diminimalisir.

Fakta tersebut cukup mengejutkan banyak pihak. Apalagi para ahli gizi mengharuskan manusia mengonsumsi makanan secara variatif. Tetapi, penelitian yang dilakukan Profesor Christopher Colwell dari The University of California menjelaskan hal ini terbukti secara ilmiah.

Penelitian itu mengungkapkan, dengan mengonsumsi makanan yang sama setiap hari dapat memperbaiki gen di wilayah otak yang terkait dengan kontrol tubuh yang mana ditemui pada penyakit Huntington (HD); sebuah bentuk demensia.

Dengan memiliki kebiasaan makan yang sama setiap hari, peneliti juga menemukan adanya manfaat peningkatan kualitas tidur dan kesehatan jantung, yang keduanya terkait dengan HD. Periset percaya bahwa penemuan ini dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.

Profesor Christopher Colwell dari The University of California, LA, mengatakan, HD adalah penyakit genetika yang diwariskan turun temurun tanpa penyebab yang jelas. Perubahan gaya hidup tidak hanya meningkatkan kualitas hidup tapi juga menunda perkembangan HD.

Dia menambahkan, jadwal makan dan jenis makanan yang sama dapat membantu pengobatan HD dan memperbanyak opsi pengobatan baru untuk gangguan neurodegeneratif.

Baca juga:  VIRAL! Harga Terlalu Mahal, Pria Ini Nekat Tumis Kulit Durian

Sebagai informasi, HD mempengaruhi hampir 30.000 orang di AS dan setidaknya 6.700 di Inggris.

Written by Andini Anissa

MNC Update Writer

Keponakan Ari Lasso Gagal Lolos Indonesian Idol

Dua Reporter Okezone Raih Penghargaan Anugerah Jurnalis Kemristekdikti 2017