in

Kuliah Umum MNC Group: Jadikan Medsos sebagai Ajang Ekspresi Ide

JAKARTA – Berkembangnya media sosial (medsos) dengan segala kecanggihannya di satu sisi mempunyai banyak manfaat, di sisi lain memiliki dampak negatif. Maka, diperlukan literasi dalam pemanfaatnya seperti menggunakan medsos untuk mengekspresikan ide dan gagasan.

Hal tersebut terangkum dalam kuliah umum Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial di Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Presenter iNews David Silahooij mengatakan, medsos memiliki banyak manfaat. Tapi di satu sisi juga mempunyai dampak negatif. Maka diperlukan literasi.

“Kita harus cerdas dalam memilih informasi agar tidak termakan isu bohong,” ujar David di USNI, Jakarta Selatan, Kamis (25/10/2018).

Menurutnya, dari semua aplikasi medsos, yang memiliki pengguna paling tinggi adalah Youtube. Disusul Facebook dan Instagram. “Mari kita gunakan medsos, khususnya video untuk mengeluarkan ide, dan gagasan,” tuturnya.

Namun, dia juga mengingatkan, dalam membuat video diperlukan beberapa hal yang patut diketahui seperti teknik pengambilan gambar agar video yang dibuat menarik.

“Ada enam hal yang harus digunakan, yaitu 5W+1H. Diperlukan juga teknik dalam mengambil video,” ucapnya.

Kuliah umum ini digelar sebagai rangkaian perayaan ulang tahun ke-29 MNC Group pada 2 November mendatang. Selama 15-26 Oktober, kuliah umum literasi media dan keuangan ini dihelat di 29 kampus di seluruh Indonesia. *

Written by Andini Anissa

MNC Update Writer

MNC Group Berbagi Kiat Produksi Vlog Menarik

RCTI Juara Turnamen Bulu Tangkis MNC Group 2018