in ,

Lagi Diet? Sebaiknya Hindari Makanan Ini

Foto: MNC Media

JAKARTA – Minuman manis ditambah dinginnya es, rasanya sulit menolak kala hari mulai terasa terik. Namun, kerap kita dengar larangan untuk menjauhi minuman manis bersuhu dingin karena bisa membuat gemuk.

Benarkah demikian?

Ahli gizi Rita Ramayulis mengatakan, minuman manis yang dingin memang bisa membuat gemuk namun bukan karena adanya reaksi antara rasa manis dan suhu dingin. Tapi, suhu dingin itu secara psikologis membuat orang jadi ketagihan karena memberi efek nikmat, badan jadi punya keinginan untuk menyejukkan tubuh kembali.

Rasa manis akan membuat gemuk kalau energi dari gula yang dikonsumsi tidak disalurkan melalui aktivitas fisik yang sesuai. “Jadi kalau mengkonsumsi makanan atau minuman manis kita jadi merasa nyaman dan ingin mengulang. Itu yang bikin jadi gemuk,” katanya.

Rita menjelaskan, minuman manis lebih bisa bikin gemuk dibanding makanan karena saat masuk ke lambung tak akan merasakan sesuatu. Hal itu dikarenakan bentuknya yang cair dan bisa terserap. Sebagai ilustrasi, saat seseorang minum teh manis dengan gula dua sendok, itu tidak akan meninggalkan bekas di lambung tapi energinya bisa mencapai 100 kilo kalori. Berbeda dengan makan timun 100 gram, ketika masuk ke lambung akan terasa kenyang, tapi energi nol karena densitas rendah.

Gula berlebih dalam tubuh akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak di sejumlah tempat, di bawah kulit, perut dan organ dalam tubuh. “Lemak sebetulnya esensial, tapi kalau jumlahnya melebihi yang dibutuhkan akan mengganggu metabolisme dan hormon bisa jadi resistan,” ujarnya.

Baca juga:  Maia Estianty Prediksi Kontestan Ini Bakal Juarai Indonesian Idol X

Ia menambahkan, ketika metabolisme terganggu akan membuat kemampuan tubuh untuk mengolah energi menurun. “Akibatnya orang akan bilang makan segini doang kok gemuk ya? Sehingga semua akan jadi jaringan lemak,” tuturnya.

Written by Achmat

MNC Sekuritas Garap Pasar Saham Milenial di Lampung

Dukung dan Vote Bedah Rumah GTV di Indonesian TV Awards