in ,

Pasar An’am, Tempat Jamaah Haji Beli Kambing

Foto : Instagram

JAKARTA – Ibadah haji ada 3 macam. Yaitu, Haji Ifrad, Haji Tamattu’ dan Haji Qiran.

Haji Ifrad adalah orang yang berniat melakukan haji saja tanpa umrah pada bulan haji. Sedangkan Haji Qiran yaitu seseorang yang berniat haji dan umrah sekaligus, yang dilaksanakan pada bulan-bulan haji. Dan Haji Tamattu’ yaitu seseorang yang berihram untuk melaksanakan umrah pada bulan-bulan haji.

Mayoritas jemaah haji Indonesia melaksanakan haji tamattu, yaitu rangkaian pelaksanaan ibadah haji yang mendahulukan umrah ketimbang haji. Maka, usai melaksanakan umrah wajib, jemaah berkewajiban untuk membayar dam nusuq berupa penyembelihan hewan ternak minimal satu ekor kambing.

Untuk memenuhi dam tersebut, jamaah haji bisa langsung beli kambing di pasar. Salah satunya adalah di pasar An’am yang baru dua bulan mulai beroperasi. Di sini, terdapat ratusan lapak penjual hewan.

Sebagai informasi, ada tiga pasar hewan di Makkah. Pertama di daerah Muasyim dekat Mina, di Akasiyah, dan ketiga di An’am. “Sementara pasar Kakiyah sudah tutup,” kata salah satu personel sekuriti pasar, Sulthan, Selasa (23 Juli 2019).

Salah satu pemilik lapak di pasar An’am, Ali menyampaikan dirinya menjual kambing mulai dari 280 riyal Arab Saudi dan 20 riyal Arab Saudi untuk ongkos potongnya. “300 riyal Arab Saudi sudah dengan ongkos potong,” kata Ali.

Artinya, minimal dengan biaya Rp1,2 juta (kurs Rp4.000 per 1 riyal Arab Saudi), seorang jemaah haji sudah dapat membeli kambing untuk menunaikan damnya. Semakin besar ukuran hewan ternak yang kita pilih, tentu akan semakin mahal harganya.

Baca juga:  Transaksi Lebih Mudah dengan Kartu Debit MNC Bank

Usai memilih, jemaah haji dapat membawa kambing tersebut ke tempat pemotongan yang tersedia juga di sana. “Nanti dagingnya bisa anda bagi ke semua orang miskin yang ada di sini. Kalau mau anda bawa sendiri dan bagikan juga bisa, silakan bawa,” kata Ali.

Written by Achmat

MNC Insurance Gandeng Mitra Bisnis Rambah Sektor Asuransi Otomotif

Nabung Dapat Hadiah Mobil, Mau?