in

Penting! Ini 4 Tanda Anda Terindikasi Penyakit Jantung

Ilustrasi

JAKARTA – Indikasi seseorang terkena penyakit jantung bukan hanya melalui gejala dan riwayat saja. Tetapi bisa dicek juga dari ciri fisik seseorang.

Penyakit jantung sendiri telah menjadi penyakit tak menular yang paling tinggi membunuh manusia. Menurut Survei Sample Regristration System (SRS) pada 2014, Penyakit Jantung Koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke, yakni 12,9 persen di Indonesia.

Tak hanya gejala, riwayat, dan pola hidup tak sehat saja, namun ciri fisik juga dapat menunjukkan jika seseorang mengidap penyakit jantung. Berikut ulasannya seperti dilansir The Independent, Senin (26/3/2018).

1. Lipatan di Telinga

Salah satu indikator eksternal seseorang terkena penyakit jantung adalah lipatan diagonal pada daun telinga atau biasa disebut Frank’s Sign. Penelitian menunjukkan, ada hubungan dengan lipatan eksternal yang terlihat pada daun telinga dan peningkatan risiko aterosklerosis, penyakit di mana plak menumpuk di dalam arteri. Lebih dari 40 penelitian menunjukkan korelasi antara fitur telinga dan peningkatan risiko aterosklerosis. Namun, belum jelas penyebab adanya korelasi tersebut.

2. Tonjolan Lemak

Selain lipatan di telinga, tonjolan lemak di siku, lutut, pantat atau kelopak mata dapat mengindikasikan seseorang terkena penyakit jantung. Tonjolan lemak ini dinamakan xanthomas. Ini berbeda dengan tumor dan tak berbahaya, namun bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius.

Xanthoma paling sering terlihat pada orang berpenyakit genetik yang disebut familial hypercholesterolemia. Orang dengan kondisi ini memiliki kadar kolesterol jahat yang sangat tinggi, sehingga mereka terdeposit di kulit. Endapan lemak ini terletak di arteri yang memasok jantung.

Baca juga:  5 Tips Jitu Anti Gemuk

3. Tanda di Mata

Tak hanya tonjolan lemak, tetapi juga setitik tanda di mata bisa menjadi indikasi terkena penyakit jantung. Tanda itu berupa endapan lemak berbentuk cincin kelabu di sekitar bagian luar iris. Sekitar 45 persen orang di atas usia 40 tahun memiliki endapan lemak di sekitar iris mereka. Angka ini meningkat menjadi sekitar 70 persen bagi orang di atas usia 60 tahun. Hal ini telah terbukti berhubungan dengan beberapa faktor risiko penyakit jantung koroner.

4. Gangguan Kesehatan Oral

Ada yang mengatakan jika kondisi mulut dan gigi Anda merupakan cerminan kesehatan secara umum. Mulut yang penuh bakteri dapat memasuki aliran darah dari mulut dan menyebabkan peradangan di pembuluh darah dan pemicu penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan, kehilangan gigi dan gusi yang meradang atau periodontitis adalah tanda penyakit jantung.

(Sumber: iNews)

Written by Fahmy Fotaleno

Tayang Perdana, MNCTV Gelar Nonton Bareng Sinetron Nada Cinta Pelangi

Olahraga Lompat Tali Efektif Bakar Kalori