in ,

Perluasan Ganjil Genap Mulai Diberlakukan!

Foto : Instagram

JAKARTA – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akhirnya resmi mengumumkan soal rencana perluasan ganjil genap. Dari 9 rute, kini ada 25 rute ganjil-genap di Jakarta. Panjang lintasannya 54,24 km atau 0,85% dari total ruas jalan di Jakarta.

Saat ini, Pemda DKI tengah melakukan sosialisasi hingga 8 September 2019 mendatang. Sementara uji coba dimulai pada 12 Agustus sampai 6 September 2019. Uji coba hanya akan diberlakukan di 16 ruas jalan tambahan yang sebelumnya tidak dikenakan kebijakan itu. Sementara untuk implementasi penuh soal penerapannya bakal dilakukan pada 9 September 2019, termasuk mengenai pengenaan sanksi tilang dari pihak kepolisian.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP I Made Agus Prasetya, menjelaskan, pihaknya akan melakukan tindakan berupa tilang bagi para pengendara mobil yang melanggar ganjil genap pada 9 September nanti. “Dari Ditlantas Polda Metro Jaya akan mulai melakukan tataran tindakan penegakkan hukum pada 9 September berupa represif,” ucap Agus di Balai Kota, Jakarta, Rabu (7 Agustus 2019).

Selama tahap sosialisasi, polisi hanya akan melakukan tindakan preventif kepada pelanggar. Penempatan petugas juga akan dilakukan, terutama pada ruas-ruas baru yang terkena imbas ganjil genap.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, menjelaskan untuk pelanggar ganjil genap secara sanksi hukum tetap sama, yakni mengacu pada Pasal 287 ayat 1 Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. “Sama saja. Sanksinya berupa pidana kurungan dua bulan atau denda Rp 500.000, tapi ini kita terapkan setelah masa sosialisasi dan evaluasi usai pada 9 September nanti,” ujar Nasir di lokasi yang sama.

Baca juga:  Live di RCTI, Garuda Muda Targetkan Menang Lawan Brunei

Salah satu perbedaan yang menonjol tentang aturan baru ganjil genap kali ini adalah Pemprov DKI menghapus pengecualian di persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk dan keluar tol. “Terhadap pengecualian yang selama ini diberikan pada on off ramp tol, ini juga kita hapuskan. Jadi ke depan, seluruh kendaraan yang dari tol, begitu keluar tol ataupun mau masuk tol, selama dalam koridor ganjil genap, itu tetap diberlakukan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo

Written by Achmat

Info Traffic : Ganjil Genap diperluas, Cek Rute Kantor Kalian

The F Thing Ajak Milenial Jelajah Street Culture, Lewat Konten Jakarta Street Chapter