in ,

Rp1 Triliun, Ganti Rugi Akibat Mati Listrik

Foto : Instagram

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan kompensasi pemadaman listrik dari PLN tidak akan diberikan dalam bentuk uang tunai kepada 21,3 juta pelanggan di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang terdampak. Namun, kompensasi akan diberikan berupa pengurangan pemakaian listrik pelanggan. Hal ini agar memudahkan PLN untuk memberikan kompensasi.

“Biar tidak ribet ada transaksi pelanggan. Dikurangi tagihannya,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana.

Berdasarkan hitungannya, besaran kompensasi yang harus dilaksanakan oleh PLN sekitar Rp1 triliun. Menurut PLN, dasar hukum ganti rugi atau kompensasi telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) No 27 Tahun 2017. Pasal 6 Permen ESDM menyebutkan PLN wajib memberikan pengurangan tagihan listrik kepada konsumen apabila realisasi tingkat mutu pelayanan tenaga listrik dan tidak sesuai dengan tingkat mutu pelayanan tenaga listrik yang ditetapkan.

Sebagai informasi, dalam Permen ESDM tersebut, manajemen PLN mengartikan pemberian kompensasi kepada pelanggan yang terkena pemadaman listrik bisa dilakukan jika pelanggan tersebut menelepon ke call center PLN. Namun, pada kasus kali ini yang juga melumpuhkan layanan komunikasi membuat pelanggan sulit jika harus menelepon ke call center.

“Hitung pakai Permen Nomor 27 Tahun 2017 yang kemarin black out tidak harus lapor call center,” kata dia.

Baca juga:  Perkuat Tata Kelola, MNC Bank Angkat Direktur Kepatuhan Baru

Sebelumnya, Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani telah meminta maaf dan menyatakan akan memberikan kompensasi sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif penyesuaian (adjustment). Selanjutnya 20% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (non-adjustment).

Sedangkan khusus untuk konsumen prabayar, pengurangan tagihan disetarakan dengan pengurangan tagihan untuk tarif listrik reguler. Pemberian kompensasi akan diberikan pada saat pelanggan memberi token berikutnya (prabayar). Khusus untuk pelanggan premium, PLN akan memberikan kompensasi sesuai Service level Agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

Written by Achmat

rindu tanpa cinta Yessy

Rindu Tanpa Cinta: Yessy Halangi Jihan, Berhasilkah?

final psm vs persija mncupdate.com

Nonton Live Streaming Final Liga Indonesia, PSM vs Persija